Jangan Takut

2 Timotius 1:7
Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban.

Yang namanya hidup… ada banyak ketakutan dan kekhawatiran kita dalam berbagai bentuk. 

Cobalah sejenak merenungkan dan catatlah 5 hal yang menjadi ketakutan kita !
1. . . . . . . . . .
2. . . . . . . . . .
3. . . . . . . . .
4. . . . . . . . . .
5. . . . . . . . . .

Apa yang kita lakukan dengan ketakutan kita?
• Melupakannya?
• Pasrah saja?
• Memikirkannya dalam-dalam?
• Menceritakan kepada teman dan meminta nasihat?
• . . . . . . . . . .?

Tuhan memahami segala bentuk ketakutan kita dan peduli dengan itu. Oleh karena itu Dia memberi kekuatan.

Rasa takut dapat merusak fisik kita juga. Ada banyak penyakit yang tidak disebabkan oleh bakteri atau virus, tetapi oleh rasa takut. 

Pada saat muncul rasa takut, ada perasaan menusuk-nusuk diri kita.
Sering seperti bola salju bergulir menggelinding… rasa takut dalam satu hal memicu ketakutan lain sehingga membesar rasa takut itu.

Adalah baik untuk menceritakan dan meminta bantuan kepada teman untuk mengatasi ketakutan, sebab itu kita butuh kawan, kita perlu sahabat. Akan tetapi sebelumnya, yakinkan diri kita bahwa Allah mengerti dan memahami rasa takut kita. Mintalah kekuatan kepada Dia.

 Tuhan akan memberi kekuatan baru untuk mengatasi rasa takut. Paling tidak, Tuhan dapat memberhentikan bola salju ketakutan kita sehingga tidak berkepanjangan dan tidak merambah ke mana-mana.

Ada banyak seruan Tuhan dalam firman-Nya untuk mengatakan agar kita jangan takut. Tuhan banyak sekali berseru bahwa Dia menyertai kita. 

Namun masalah kita selalu adalah ketidakyakinan kita akan seruan-Nya.

Kekuatan fisik kita akan terpelihara jika kita memakan makanan sehat, berpikir sehat dan berolahraga. 

Maka dengan cara yang sama, jiwa dan rohani kita akan sehat bila kita menikmati firman-Nya setiap hari, menaruh firman-Nya dalam hati dan pikiran, serta berlatih melalui setiap tantangan dan ujian hidup.

Dalam hal itu semua yakini pertolongan Tuhan. Juga ingatlah bahwa Roh Kudus ada dalam hati orang yang telah menerima-Nya dan itulah kekuatan utama kita…

Efesus 1:13
Di dalam Dia kamu juga — karena kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu — di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan Roh Kudus, yang dijanjikan-Nya itu.
Kiranya sehatlah fisik, jiwa dan rohani kita untuk siap melayani dan berkarya melakukan apa yang baik, luhur dan mulia di hadapan Tuhan dan di hadapan manusia. Sebab itulah panggilan kita.

Selamat melayani…
Janganlah takut dan bimbang sebab Tuhan menyertai dan memberkati kita senantiasa.
Amin…

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Novena Santo Rafael Untuk Pasangan Hidup

PESAN ROMO FRANCESSO DUSKA

APA ITU MANTILLA?