Bertobat atau Tidak Adalah Sebuah Keputusan

"Barangsiapa mendengarkan kamu, ia mendengarkan Aku; dan barangsiapa menolak kamu, ia menolak Aku; dan barangsiapa menolak Aku, ia menolak Dia yang mengutus Aku."
 Lukas 10:16

Pertobatan adalah sebuah keharusan bagi semua orang, bukan hanya bagi mereka yang berlaku jahat, tapi termasuk juga bagi orang percaya  (pengikut Kristus).  Mengapa?

Karena manusia dilahirkan dalam dosa dengan memiliki kecenderungan hati yang ingin selalu berbuat jahat.  Inilah yang disebut  'dosa warisan', keberadaan berdosa semua orang yang dibawa sejak lahir;  atau yang lain lebih senang memakai istilah  'dosa asal', seperti tertulis:
"Sebab itu, sama seperti dosa telah masuk ke dalam dunia oleh satu orang, dan oleh dosa itu juga maut, demikianlah maut itu telah menjalar kepada semua orang, karena semua orang telah berbuat dosa."
(Roma 5:12)

     Ketika kita menerima Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat berarti kita telah bertobat.  Arti bertobat bukan hanya berhenti dari segala perbuatan jahat, tetapi mengalihkan arah jalan hidup:  dari jalan yang tadinya mengarah kepada dosa berbalik kepada jalan yang benar di dalam Kristus.

Karena itu pertobatan dimulai dengan hati yang terbuka menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat, lalu menjadikan Dia sebagai Raja yang berhak memerintah atas hidup ini.

Mau bertobat atau tidak mau bertobat adalah sebuah keputusan atau pilihan hidup yang harus diambil oleh setiap orang.

Masih banyak orang menyebut diri sebagai pengikut Kristus lebih suka mengambil keputusan tidak mau bertobat, pikirnya pertobatan hanya akan mengekang ruang geraknya, tidak bisa hidup sesuka hati, tidak bisa memuaskan keinginan dagingnya.

Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya.
(Galatia 5:24)

     Awal pertobatan pasti terasa berat dan sakit karena pada proses ini semua kedagingan mulai dikikis.

Percayalah dengan pertolongan dan tuntunan Roh Kudus kita akan mampu melewati proses tersebut dengan kemenangan.

Selagi ada kesempatan jangan tunda-tunda waktu untuk bertobat!  Tuhan Yesus sangat mengecam keras orang-orang yang tidak mau bertobat, dengan berkata:  "celakalah!"

Hidup tanpa pertobatan hanya akan menuntun seseorang kepada kehancuran!.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Novena Santo Rafael Untuk Pasangan Hidup

PESAN ROMO FRANCESSO DUSKA

APA ITU MANTILLA?